Latar Belakang

Berkembangnya suatu organisasi bergantung pada sumber daya manusia yang dimiliki. Semakin berkualitas sumber daya manusia yang dimiliki maka semakin dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi organisasi atau perusahaa. Organisasi tidak perlu lagi memikirkan kemampuan yang dimiliki oleh karyawannya, namun sebaliknya dapat memperoleh performa kerja karyawan yang optimal & dapat bertahan di suatu organisasi dalam jangka waktu yang lama.

Psikotes merupakan salah satu cara yang dapat membantu organisasi untuk mendapatkan sumber daya manusia yang diharapkan. Psikotes dapat memberikan gambaran secara konkrit tentang kualitas dan performa kerja serta loyalitas karyawan. Psikotes juga dapat menempatkan individu pada posisi yang benar sesuai dengan potensi psikologis yang dimiliki.


Tujuan

Menempatkan sumber daya manusia pada posisi pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi dan minat yang dimiliki, sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dan memberikan kontribusi besar pada perusahaan.


Waktu dan Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan pada hari kerja efektif Senin – Jumat. Tempat pelaksanaan dapat dilaukan di Kampus Untag maupun di luar Kampus Untag. Permintaan pelaksanaan di luar hari kerja dapat dibicarakan kemudian.


Lingkup Layanan

Recruitment & Selection, Mapping SDM, Motivation, Leadership, Team Work Training, Konseling, Terapi, Tes Buta Warna


Pelaksanaan

Piskotes akan dilakukan oleh seluruh tim yang ada di Fakultas Psikologi Untag’45 Surabaya.


Aspek yang Diungkap (Psikotes)

Aspek Intelektual :

Kemampuan membuat keputusan, daya paham, kemampuan komunikasi , logika berpikir, daya ingat, kemampuan berhitung praktis dan teoritis,   daya analisa, dan daya bayang ruang.

Aspek Sikap Kerja

Ketelitian kerja,  kecepatan kerja,  ketahanan kerja, sistematika kerja, motivasi berprestasi, Keuletan dan inisiatif kerja. * 

Aspek Kepribadian

Stabilitas emosi, tanggung jawab,kepercayaan diri,  kemandirian, kejujuran, loyalitas, daya tahan terhadap stres, penyesuaian diri, kerjasama, kematangan sosial.

Aspek Kepemimpinan

Peran sebagai pemimpin, kemampuan mengkoordinir penyelesaian tugas, kemampuan menjalin relationship dengan bawahan, kemampuan membuat keputusan, kemampuan membuat perencanaan kerja, gaya kepemimpinan.*

Catatan :

* : sesuai dengan kebutuhan


BIAYA 

TES INDIVIDUAL

Direktur Utama

Rp.1.500.000

Top Manager / Eselon 2

Rp. 800.000,-

Manager

Rp. 600.000,-

Junior Manager/ Kepala Bagian

Rp. 450.000,-

Kasubag / SPV

Rp.  350.000,-

Sekretaris

Rp. 300.000,-

Staff

Rp. 250.000,-

Operator / Satpam

Rp. 150.000,-

 

TES KLASIKAL

(Minimal 50 orang)

Direktur Utama

Rp. 1.250.000,-

Direktur

Rp. 800.000,-

Top Manager / Eselon 2

Rp. 650.000,-

Manager

Rp. 400.000,-

Junior Manager/ Kepala Bagian

Rp. 350.000,-

Kasubag / SPV

Rp. 300.000,-

Sekretaris

Rp. 250.000,-

Staff

Rp. 200.000,-

Operator / Satpam

Rp. 125.000,-