UNTAG Surabaya Dipercaya Disnaker Surabaya Memetakan Keahlian Lulusan SMA Se-Surabaya

Jumat, 18 Maret 2016 - 16:16:49 WIB
Dibaca: 328 kali

Fakultas Psikologi (FPsi) UNTAG Surabaya dipercaya Disnaker Kota Surabaya untuk melakukan proses seleksi psikotes dan wawancara kepada 220 lulusan SMA/SMK se-Surabaya. Seleksi yang dilakukan di Gedung Pascasarjana UNTAG Surabaya ini bertujuan untuk memetakan generasi muda sesuai keahlian masing-masing, Kamis (17/3/2016).

Ketua Unit Pelayanan dan Konsultasi Psikologi (UPKP) UNTAG Surabaya, RR. Amanda Pasca Rini, S.Psi, M.Si, Psikolog menjelaskan, seleksi psikotes dan wawancara ini untuk memetakan keahlian lulusan SMA/SMK sesuai dengan keahliannya.

“Disnaker mempunyai ide yang bagus sekali, yang memikirkan masa depan generasi muda, agar berguna dan Pemerintah Kota Surabaya tidak ingin pemudanya menganggur,” ungkap RR. Amanda saat dikonfirmasi warta17agustus.com.

Disnaker Surabaya sendiri menginginkan generasi muda yang mempunyai semangat, tenaga bagus, tanggung jawab, berdaya juang, intelektual masih bisa diasah, berkomunikasi, dan emosi yang baik. Sehingga berguna bagi kemajuan kota Surabaya.  

“Pada awalnya sebelum diseleksi semuanya diambil, ternyata pada proses pelatihan ada yang mundur, tidak bersungguh-sungguh, dan kurang bertanggung jawab,” jelas dosen Fakultas Psikologi itu. Lulusan SMA/SMK, lanjut dia, mungkin tidak mudah dalam mencari pekerjaan karena skillnya kurang, sehingga perlu dibantu untuk mengasah potensinya.

RR. Amanda menambahkan, bagi peserta yang lolos seleksi psikotes dan wawancara akan diberikan pelatihan dari ITS dan Disnaker sendiri seperti, pelatihan perbengkelan, las, sablon, fotografi, administrasi, dan filing.

“Pada tahap pelatihan Fakultas Psikologi diberi kesempatan juga memberikan pelatihan untuk mengolah mentalnya, menumbuhkan daya juang, tanggung jawabnya, dan mendapatkan telling story dari pelaku secara.” pungkasnya.

Komentar