Fakultas Psikologi Dipercaya Disnaker Surabaya Menyeleksi Peserta Pelatihan Kewirausahaan

Senin, 25 Mei 2015 - 15:09:00 WIB
Dibaca: 303 kali

Fakultas Psikologi Untag Surabaya dipercaya oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya untuk menyeleksi peserta pelatihan kewirausahaan melalui psikotes. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari mulai hari Rabu-Jumat, 20-22 Mei 2015 di gedung B Fakultas Psikologi.

Eko April Ariyanto, S.Psi.,M.Psi selaku koordinator kegiatan psikotes mengatakan bahwa Fakultas Psikologi sudah lama dipercaya oleh Disnaker Surabaya. “Untuk bulan ini diminta menyeleksi peserta pelatihan selama tiga hari yang nantinya akan diikutkan pelatihan kewirausahaan oleh Disnaker selama tiga bulan,” kata dosen Fakultas Psikologi tersebut.

Fakultas Psikologi, lanjut Ariyanto, dipercaya Disnaker Surabaya karena mampu memberikan pelayanan yang baik. Selain itu, mempunyai Unit Pelayanan dan Konsultasi Psikologi (UPKP). “ Psikotes ini bertujuan memilih peserta yang siap untuk diikutkan pelatihan kewirausahaan Disnaker Surabaya, agar mendapatkan orang-orang yang memang minat dan motivasi ingin mengembangkan diri berwirausaha,” tambah alumni Magister Psikolgi Untag Surabaya itu.

Jumlah peserta psikotes pada Rabu 80 orang, Kamis 90 orang dan hari Jumat 36 orang. Hasil dari psikotes diserahkan langsung ke Disnaker dengan berbagai pertimbangan atau seleksi penilaian. “ Dilihat dari intelengensinya, cara kerja, kepribadian, motivasinya itu apa, disesuaikan dengan karakteristik orangnya kemudian hasilnya kita rekomendasikan ke Disnaker,” jelas Ariyanto.

“Kegiatan ini memberikan tambahan pengetahuan kepada peserta terutama untuk mengembangkan skill berwirausaha, apalagi sekarang ini Disnaker membuka peluang yang besar bagi yang ingin berwirausaha maka harus dimanfaatkan sebaik mungkin,” tutupnya.

Komentar