Fakultas Psikologi Menyediakan Pelatihan Paket Lengkap Dalam Kegiatan Training Of Trainer

Rabu, 12 November 2014 - 14:01:30 WIB
Dibaca: 236 kali

Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya sukses menyelenggarakan Pelatihan tentang Training Of Trainer tahap pertama selama 2 hari di Graha Wiyata Lantai 1 (8-9/11/2014), kegiatan tersebut bekerja sama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Jawa Timur

Menurut Niken Titi Pratiti,S.Psi.,M.Psi (dosen Fakultas Psikologi UNTAG Surabaya). tujuan dari Training Of Trainer tersebut adalah mencetak trainer-trainer dengan mengepresikan menggunakan teori-teori psikologi, dalam pelaksanaan kegiatan hari pertama adalah membuat konsep training dan mendesain modul pelatihan. Sedangkan  hari kedua, modul yang sudah  selesai kemudian diaplikasikan sesuai masing-masing kelompok.

Rr.Amanda Pasca R,S.Psi.,M.Psi selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan untuk pesertanya sendiri terbagi menjadi dua yaitu pertama merupakan peserta yang terdiri dosen, guru BK dan mahasiswa. Peserta selanjutnya adalah  siswa SMA.

“Training Of Trainer ini bekerja sama dengan HIMPSI Jawa Timur. Setiap peserta akan mendapatkan dua sertfikat yaitu sertifikat dari HIMPSI dan UNTAG Surabaya. Selain itu peserta mendapatkan gambaran secara utuh bagaimana menjadi trainer yang baik. Jika orang ingin mentraining orang lain itu tidak hanya sekedar mengambil game, pokoknya yang ditraining senang maka selesai tetapi harus bisa mengukur kebutuhan dari orang tersebut. Di pelatihan ini peserta dilatih untuk membuat alat ukur tersebut, dari hasil ukur itu kemudian membuat suatu modul pelatihan,” tambah Amanda.

“Kami memberikan paket lengkap kepada peserta yaitu bukan sekedar memberikan konsep tetapi juga bisa membantu peserta untuk benar-benar menjadi trainer dengan cara praktek langsung yaitu dengan mentraining anak-anak SMA,” lanjutnya.

Amanda berharap ilmu yang disampaikan bisa diaplikasikan oleh peserta karena menjadi seorang trainer itu tidak semudah yang dipikirkan kebanyakan orang. Jika ingin mengubah perilaku manusia maka ubahlah dengan benar.

Dia juga berharap dari kegiatan tersebut bisa semakin memperkenal fakultas Psikologi dan kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat.

“Training Of Trainer ini merupakan tahap pertama. Untuk tahap kedua nanti berbentuk konseling kelompok yang rencananya akan kami adakan bulan Januari 2015,” tutup Amanda.

Komentar